Mobil Transmisi Otomatis

Rabu, 20 Januari 2010

Trend transmisi otomatik pada MPV SUV dan sedan di Indonesia.
Artikel Terkait...:

KOMPAS.com

Tren permintaan mobil jenis transmisi otomatis (matik) di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Kondisi jalan yang macet serta faktor kelelahan saat mengemudi membuat transmisi otomatik menjadi alternatif utama pengendara mobil, khususnya di kota-kota besar.

Berkembangnya teknologi dan informasi membuat konsumen Indonesia lebih terbuka menerima mobil otomatik. Sebelumnya, pernah berkembang mitos yang membeberkan kelemahan transmisi otomatik sehingga peminat berkurang.

"Dulu orang tidak bisa terima matik karena berbagai hal. Misalnya, parkir paralel enggak bisa, mogok tidak bisa didorong, dan sebagainya. Kini sudah mulai berubah dengan berkembangnya teknologi. Kebutuhan konsumen akan kendaraan yang praktis digunakan juga makin mendesak," papar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Menurut data penjualan TAM, peningkatan penjualan mobil dengan transmisi otomatik mulai menunjukkan peningkatan sejak 2005 dengan pangsa pasar 17 persen dari total pasar. Di tahun selanjutnya, pangsa pasar meningkat 19,9 persen, 23,7 persen (2007), 23,4 persen (2008), dan 24,3 persen (2009).

"Tahun ini pangsa pasar matik bisa saja menembus 25 persen. Konsumen makin menginginkan kendaraan yang lebih praktis," papar Joko.

Hal senada diutarakan Chief Operating Officer (COO) PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Toto Suryana. Menurutnya, kondisi jalan yang padat membuat kalangan urban menginginkan kendaraan otomatis.

"Dari survei yang pernah kami lakukan, permintaan konsumen di kota besar terhadap mobil matik terus meningkat. Untuk itu, ATPM mulai membidik semua segmen pasar dengan varian matik dari teratas hingga terbawah," ucap Joko.

Sementara itu, besarnya permintaan mobil matik di kota besar justru berbanding terbalik dengan di daerah. Demikian kondisi menurut Herjanto Kosasih selaku Senior Marketing Manager pusat mobil bekas WTC Mangga Dua.

"Kalau di pasar mobil bekas, permintaan mobil matik itu hanya ada di kota-kota besar. Di daerah, orang masih belum menginginkan mobil matik. Karena itu, mayoritas makelar mobkas dari daerah selalu mencari mobil manual. Pasalnya, konsumen daerah kurang tertarik dengan matik," papar Herjanto.

Tren Penjualan Mobil Matik  (%)
Jenis
2005
2006
2007
2008
2009
MPV
6,4
5,8
8,0
7,4
13
SUV
52,2
53,7
42,6
39,7
41,9
Sedan
32,3
45,4
51
54
53

0 komentar:

Posting Komentar

Dimana ya ?

 

FEEDJIT Live Traffic Map

Information

Website Meter

free counters

@

online counter

004 -> 03042010

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

About Me

Foto saya
Muara bengawan solo, MBS_CT101-Msi, Indonesia
SEGALANYA BERAWAL DARI KEYAKINAN, perubahan adalah sesuatu yang abadi... HARAPAN SELALU MEMBERIKAN SEMANGAT UNTUK SELALU BERJUANG...

Blog Archive

Tentang Kami

 

© 2010 Ruang, waktu...