Bicara sendiri

Minggu, 10 Januari 2010
Sumber / Dokumen >>> metrotvnews.com

Dalam masyarakat umum sudah tercetus kepercayaan bahwa orang yang suka berbicara sendiri adalah orang gila. Hal ini mungkin memang berlaku dalam beberapa kasus sakit jiwa, namun sebenarnya tak semua orang yang suka berbicara sendiri bisa diklaim sebagai orang gila.

Sebenarnya setiap kita perlu waktu untuk mencerna segala hal yang sedang kita alami. Dan, salah satu cara untuk mencernanya adalah dengan berbicara.

Agar beban mental yang dipikul tidak menumpuk dari hari ke hari, maka sebenarnya tiap-tiap orang perlu menyediakan waktu setiap hari untuk merenung. Dalam perenungan tersebut, ada hal yang harus dibuang dan ada hal yang harus dimasukkan dalam pikiran, sebab pikiran tak boleh dibiarkan dalam keadaan kosong.

Salah satu cara merenung yang paling efektif, khususnya bagi wanita adalah dengan curhat/ berbicara. Namun sayangnya, teman atau sahabat tak bisa selalu menyediakan telinganya untuk kita. Ada kalanya pula teman atau sahabat tidak memberikan reaksi atau tanggapan sesuai dengan keinginan kita, sehingga hal ini hanya akan menimbulkan luka baru. Oleh karena itu, terkadang kita harus berjuang sendiri untuk menyembuhkan diri dari luka yang mungkin kita alami selama seharian itu, sebab bisa jadi tak satu orang pun bisa mengerti apa yang sedang kita rasakan.

Jika tidak bisa curhat pada orang lain, lalu mengapa Anda tidak mencoba untuk curhat pada diri Anda sendiri?! Pergilah ke tempat di mana Anda bisa sendirian saja, entah itu di beranda rumah, kamar, atau pun kamar mandi. Setelah yakin bahwa Anda benar-benar sendiri, maka Anda tak perlu malu untuk menumpahkan segala beban yang mungkin Anda pikul sepanjang hari itu.

Jika menangis merupakan salah satu hal yang ingin Anda lakukan, maka biarkan diri Anda menangis. Sebab ada kalanya bila beban yang dirasa terlalu berat, kata-kata saja tampaknya tak cukup untuk mewakili beratnya beban yang ada.

Setelah membicarakan tentang apa saja yang terjadi sepanjang hari itu, maka Anda bisa mulai melihat masalah-masalah yang ada dengan sudut pandang yang baru. Anda bisa mengalami kelegaan setelah Anda membicarakan semua yang Anda rasakan, dan ini pun sebenarnya merupakan proses melepaskan beban itu sendiri.

Setelah melepas beban, maka jangan biarkan pikiran atau jiwa Anda dalam keadaan kosong. Isilah jiwa Anda dengan hal-hal yang positif. Salah satu cara paling efektif adalah dengan membaca buku-buku inspiratif. Jadi, jangan takut lagi untuk berbicara sendiri, sebab itu mungkin merupakan salah satu cara paling efektif untuk melepaskan stres yang dialami. (Kpl/ICH)

0 komentar:

Posting Komentar

Dimana ya ?

 

FEEDJIT Live Traffic Map

Information

Website Meter

free counters

@

online counter

004 -> 03042010

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

About Me

Foto saya
Muara bengawan solo, MBS_CT101-Msi, Indonesia
SEGALANYA BERAWAL DARI KEYAKINAN, perubahan adalah sesuatu yang abadi... HARAPAN SELALU MEMBERIKAN SEMANGAT UNTUK SELALU BERJUANG...

Blog Archive

Tentang Kami

 

© 2010 Ruang, waktu...