ban

Selasa, 12 Januari 2010
disalin dari >>> motorplus-online


3126ban-dvd-1.jpgDalam perjalanan mudik Lebaran kemarin tidak tertutup kemungkinan komponen motor akan mengalami kerusakan. Karet bundar alias ban paling sering mengalami kerusakan.

“Apalagi kondisi jalan selama mudik tidak baik. Menghajar lubang atau karena beban berat yang dibawa. Saat balik, ban salah satu komponen yang harus dicek agar tidak masalah di perjalanan,” jelas Darori, spesialis OEM tire PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC.3127ban-dvd-2.jpg

Ia lantas memberikan beberapa contoh kerusakan pada ban, disertai penyebabnya juga akibatnya jika tidak diganti. Berikut paparan kompletnya.

Pertama, ban sobek, ban semacam ini tidak layak lagi digunakan dalam perjalan jauh. Memang, bagi yang menggunakan ban dalam, sobekan ini tidak akan menyebabkan ban kempis. Penyebabnya antara lain karena ban kurang tekanan angin lantas menghajar lubang.

3128ban-dvd-3.jpgKedua, ban benjol. Tonjolan ini menunjukkan putusnya benang konstruksi di sisi dinding.

“Biasanya bagian samping membentur trotoar. Atau kalau benjol di tengah akibat suspensi mati, sehingga ban dibiarkan menahan beban yang berat beban kendaraan,” ungkapnya.3129ban-dvd-4.jpg

Ketiga, kembangan ban makan sebelah. ada beberapa kemungkinan penyebab ban tidak rata sebelah. Kemungkinan pelek sudah tidak balance. Kalau motor menggunakan pelek jari-jari sebaiknya disetel ulang.

“Atau bisa juga volume sok sudah tidak sama. Sehingga sistem kerja suspensi tidak balance,” tambah Udin, kepala mekanik Clara Motor, dealer Honda.

3130ban-dvd-5.jpgKemungkinan lain ban habis tidak merata karena, bushing swing arm sudah aus, sehingga posisi roda oblak dan bikin karet bundar tidak rata menapak.

Keempat, retak. Ban yang terlalu lama disimpan, bisa menyebabkan elastisitas karet berkurang, sehingga baru sebentar dipakai sudah muncul retak. Untuk menghindarinya lihat kode produksi ban yang terdiri dari 4 angka. dua angka pertama minggu produksi, dua angka kedua adalah tahun dari produksi si karet bundar.

Jika ini terjadi pada motor, sebelum mengganti ban, harus diketahui dulu penyebabnya. Perbaiki dulu penyebabnya, baru deh pasang ban baru! Selamat kembali beraktivitas!

Penulis/Foto : Hend/David

0 komentar:

Posting Komentar

Dimana ya ?

 

FEEDJIT Live Traffic Map

Information

Website Meter

free counters

@

online counter

004 -> 03042010

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

About Me

Foto saya
Muara bengawan solo, MBS_CT101-Msi, Indonesia
SEGALANYA BERAWAL DARI KEYAKINAN, perubahan adalah sesuatu yang abadi... HARAPAN SELALU MEMBERIKAN SEMANGAT UNTUK SELALU BERJUANG...

Blog Archive

Tentang Kami

 

© 2010 Ruang, waktu...