Tensioner Keteng

Minggu, 07 Februari 2010
disalin dari motorplus-online.com
2578tensioner-jupiter-dvd-1.jpgPerhatian.., perhatian..! Ini buat pemilik Yamaha Jupiter-Z yang sudah lebih dari 1 tahun pake. Apalagi jalan tiap hari tanpa libur. Disarankan segera pengecekan berkala atau servis besar.

Kenapa gitu? Marwan, chief instruktur sekolah mekanik HMTC Raden Saleh punya berita. Katanya sudah lebih dari tiga kali nemuin kejadian rantai keteng Jupiter-Z berisik tak terobati hanya dengan setel tensioner atau ganti rantai keteng.

Katanya, penyebab rantai keteng berisik lantaran penonjok tensioner tak maksimal menekan batang penuntun rantai keteng. “Karena tonjolan di sekitar batang penuntun sering lepas dari batang utama. Alhasil, penonjok nggak maksimal menekan,” ujar pria bertugas di Jl. Cikumpa Raya, Studio Alam, Depok.

Menurutnya, penyebab tonjolan lepas dari batang penuntun utama karena memang awalnya tidak menyatu dengan besi yang ada di dalam batang penuntun.

Meski awalnya kelihatan menyatu, namun akibat sering kena panas, gesek dan entakan juga usia pakai, kelamaan besi berlapis tonjolan bermaterial karet pun akan getas. Membuatnya terpisah.

“Akibat itu, mesin pun terdengar berisik baik putaran bawah atau atas,” lanjut Marwan.

Marwan juga mewanti kalau rantai berisik seperti ini bukan cuma bikin kuping panas. Isi kantong dipastikan juga bakal ikutan panas. Atau bisa jadi malah ikutan jebol. Jelas karena mesin bisa jebol akibat timing kem tidak lagi tepat. Payung klep bisa beradu dengan kepala piston.

Mau?

Penulis/Foto : Kris/David

0 komentar:

Posting Komentar

Dimana ya ?

 

FEEDJIT Live Traffic Map

Information

Website Meter

free counters

@

online counter

004 -> 03042010

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

About Me

Foto saya
Muara bengawan solo, MBS_CT101-Msi, Indonesia
SEGALANYA BERAWAL DARI KEYAKINAN, perubahan adalah sesuatu yang abadi... HARAPAN SELALU MEMBERIKAN SEMANGAT UNTUK SELALU BERJUANG...

Blog Archive

Tentang Kami

 

© 2010 Ruang, waktu...