Motor Bekas

Minggu, 07 Februari 2010
disalin dari motorplus-online.com
1103lelang-dok.jpgBerburu motkas (motor bekas) di pelelangan motor gak ada salahnya dilakukan. Tapi sebelum terjun ke wilayah itu, ada beberapa aturan main yang mesti dipahami. Khususnya untuk calon pembeli perorangan.

“Hal paling menarik dari lelang itu adalah balai lelang selalu memberikan harga dasar. Biasanya dipatok murah sekali. Itu sudah bisa dipantau saat motor didisplay di lokasi lelang. Semua memang sudah diberi daftar harga,” kata Gautama dari Bursa Mokas, Serpong, Tangerang yang mau berbagi pengalaman ke Em-Plus.

Syarat ikutan lelang, peserta harus memberikan deposit atau uang jaminan. Biasanya Rp 1 juta untuk 1 unit motor. “Tapi kalau pedagang yang sudah langganan ikut lelang enggak perlu deposit,” lanjutnya pria berambut lurus ini.

Ketika hari pelelangan tiba, juga ada trik yang harus diperhatikan. “Biasanya ada gengsi antar pedagang, jadi kalau kalah Rp 100 ribu rasanya enggak enak. Makanya, bisa adu harga terus,” tambah Yanto dari Bintang Motor di Jl. Kebon Jeruk Raya, No.31E, Jakarta.

Nah, calon pembeli yang baru sekali ikut lelang jangan sampai terbawa esmosi, eh.. emosi. Hal ini bisa menjebak bagi yang ingin beli motor. Alih-alih dapat motor murah malah merugi karena harga bisa jadi tinggi. Kuncinya, soal penetapan harga jangan kebawa arus pedege.

Makanya, sebelum ikutan lelang pemain amatir harus tahu harga ideal sebuah motor yang diincar. Jadi, ketika harga yang ditawarkan terus naik, calon pembeli sudah memiliki patokan harga.

Untuk proses lelang memakan waktu sehari. “sebab, bisa 100 motor dilelang hari itu,” cerita Yanto lebih jauh. Sedangkan proses pembayaran atau pelunasannya biasanya dilakuakn esok hari dilanjutkan pengambilan surat-surat lengkap.

Oh ya, lelang itu selain dilakukan oleh balai lelang, pihak finance alau lembaga keuangan juga sering mengadakan itu. “Tapi kalau perusahaan leasing itu biasanya hanya mengundang para pedagang. Jarang sekali ada perseorangan,” cerita pria yang punya beberapa showroom motkas di wilayah Jakarta ini.

Karena diikuti pedagang maka kerap kali sistem ini menerapkan paket. “Artinya motor itu dijual dalam jumlah rombongan, bisa 10 atau 25 motor sekaligus. Untuk paket model begini, biasanya deposit atau uang jaminan yang diberikan adalah Rp 25 juta,,” cerita warga Ciledug ini.

INTIP INCARAN

Tempat lelang biasanya juga memberikan waktu untuk melakukan pengecekan atau memilih unit yang ditaksir. “Itu biasa dialkukan 2 hari sebelum tanggal pelelangan,” tambah Gautama.

Saat melakukan pengecekan, banyak hal bisa dilakukan. Mulai dari melihat kondisi tampilan bodi motor sampai pengetesan atau uji jalan. “Biasanya ada petugas yang akan menemani,” ceritanya lagi.

Untuk kelengakapan surat-surat motor itu, biasanya memang tidak bermasalah. Tapi enggak ada salahnya juga memastikan itu lebih jauh langsung ke panitia lelang.


Penulis/Foto : Nurfil/Dok. MoTOR Plus

0 komentar:

Posting Komentar

Dimana ya ?

 

FEEDJIT Live Traffic Map

Information

Website Meter

free counters

@

online counter

004 -> 03042010

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

About Me

Foto saya
Muara bengawan solo, MBS_CT101-Msi, Indonesia
SEGALANYA BERAWAL DARI KEYAKINAN, perubahan adalah sesuatu yang abadi... HARAPAN SELALU MEMBERIKAN SEMANGAT UNTUK SELALU BERJUANG...

Blog Archive

Tentang Kami

 

© 2010 Ruang, waktu...