Scorpio Jadi Lebih Ganas

Minggu, 07 Februari 2010
disalin dari motorplus-online.com
2337scorpio-karbu-sp-bela-1.jpgKurang puas terhadap performa standar Yamaha Scorpio? Nggak usah khawatir, pasalnya Dwi Utomo alias Jidat bagi-bagi tips biar respon Kalajengking ini bisa seganas RX-King. Ubahannya enggak sulit dan biaya juga masih terjangkau. “Ganti aja penyuplai bahan bakarnya pakai karburator konvensional atau menggunakan skep,” ujar mekanik Datz Motor yang buka bengkel di Jl. Mandalika 1 Tanjung Duren, Jakarta Barat.2338scorpio-karbu-sp-bela-2.jpg

Ini lantaran kerja karburator standar yang menganut model vakum tidak seresponsif karburator skep. “Apalagi bila karet vakum di karbu sudah keras lantaran pemakaian lama, ini berpengaruh dengan isapan venturi yang kurang maksimal akhirnya tenaga motor jadi kurang responsip,” jelas Jidat lagi.

Untuk mengganti dengan karburator skep ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dulu. “Kalau ubahan yang gue lakukan pakai karbu Keihin PE 28 aslinya milik Honda NSR150-SP,” jelas mekanik yang juga menjabat Kordinator Chapter klub SC (Scorpio Club) 225, Jakarta ini.

2339scorpio-karbu-sp-bela-3.jpgSelanjutnya bikin adaptor baru menggunakan bahan aluminium. Bentuknya dibuat seperti breket karet kaburator asli. Peranti ini dibutuhkan agar posisi karbu lebih mundur, biar filter karbu bawaan motor masih bisa diaplikasi.

Ini lantaran dimensi karburator SP lebih kecil dibanding penyuplai bahan bakar bawaan motor. “Nah, ketebalan adaptor baru yang dibutuhkan cukup 17 mm saja, barangnya tinggal pesan ke tukang bubut,” terang mekanik dengan jidat lebar ini.2340scorpio-karbu-sp-bela-4.jpg

Spuyer karbu juga harus diset ulang. Untuk Yamaha Scorpio main-jet 110. sedang pilot-jet pakai 48. Jika yang sudah diporting dan ganti knalpot pakai paduan 115/48.

Selanjutnya tinggal ganti tali gas lama dengan tali gas milik gas Vespa, sebab penarik skep bawaan motor ini sudah nggak bisa diaplikasi lagi. Cukup tali gas saja! sebab selongsong atau selang gas orisinal masih bisa dipakai.

Sekarang tinggal rakit perangkat karburator baru ini ke bagian kepala silinder Scorpio. Bila motor sudah bersuara jangan buru-buru langsung digas. Sesuaikan dulu setelan celah pelatuk klep. “Biar setingannya cocok dengan kebutuhan karburator baru,” anjur Jidat.

Kata Jidat, standar Scorpio celah klep in dan ex 0,1 mm. “Jika sudah menggunakan karbu SP, silakan klep ex diset 0,12 mm. Sedang ukuran in 0,11 mm,” tutup Jidat yang bisa di kontak di (021) 91935275.

Penulis/Foto : Belo/Bela

0 komentar:

Posting Komentar

Dimana ya ?

 

FEEDJIT Live Traffic Map

Information

Website Meter

free counters

@

online counter

004 -> 03042010

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

About Me

Foto saya
Muara bengawan solo, MBS_CT101-Msi, Indonesia
SEGALANYA BERAWAL DARI KEYAKINAN, perubahan adalah sesuatu yang abadi... HARAPAN SELALU MEMBERIKAN SEMANGAT UNTUK SELALU BERJUANG...

Blog Archive

Tentang Kami

 

© 2010 Ruang, waktu...